Foto

MM

Tugas Membuat Blog sebagai Upaya Memanfaatkan Internet untuk Pendidikan

Mufa Media - Perkembangan teknologi informasi berlangsung begitu pesat dewasa ini. Merambah berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali sektor pendidikan. Salah satu jenis teknologi yang paling pesat tingkat perkembangannya adalah internet. Bisa kita temukan disekitar kita bagaimana banyak orang yang memanfaatkan teknologi yang satu ini. Berbagai alat canggih sudah dapat terhubung dengan mudahnya dengan jaringan internet. Mulai dari handphone, tab, komputer, laptop dan lain-lain. Demikian pula perkembangan teknologi internet ini dipacu dengan mulai banyaknya titik-titik (spot) jaringan internet yang dapat diakses masyarakat.

Sumber Gambar: www.slideshare.net
Bagaimana dengan dunia pendidikan? Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan dunia pendidikan saat ini juga banyak dipengaruhi teknologi internet. Berbagai sektor pendidikan sudah memanfaatkan kemudahan dunia digital yang terhubung dengan teknologi internet ini. Sekolah-sekolah terus dipacu oleh pemerintah untuk memaksimalkan peran internet dalam dunia pendidikan.

Namun, sedikit saya cerita bahwa disekolah tempat saya mengajar, pemanfaatan internet untuk pendidikan terasa belum sepenuhnya maksimal. Masih ada diantara teman-teman guru belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi ini. Demikian pula dengan para siswa. Banyak faktor yang melatarbelakangi kondisi ini.

Hal ini menjadi kegelisahan tersendiri untuk saya. Terlebih karena saya sadar betul bahwa pemanfaatan teknologi internet secara positif akan dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Menurut hemat saya, hal ini harus terus diupayakan.

Nah, berawal dari kegelisahan inilah, saya mencoba memulai membuat rancangan untuk lebih memaksimalkan peran internet disekolah saya. Hal ini saya awali dari diri saya sendiri dengan memanfaatkan blog saya untuk mendukung proses pembelajaran. Beberapa materi pelajaran dan juga ulangan saya masukkan kedalam blog saya. Tak lupa saya memberitahukan alamat blog saya tersebut kepada murid-murid saya ketika saya mengajar dalam kelas agar mereka dapat mengaksesnya. Dari blog tersebut saya berharap para murid dapat dengan mudah mengakses materi pelajaran dan juga tugas-tugas yang saya berikan. Demikian pula hal-hal lain yang mungkin bermanfaat bagi mereka. Dengan begitu proses pembelajaran lebih terarah.

Tugas Membuat Blog bagi Para Siswa

Setelah saya memperbaiki dan mengelola blog saya, timbul keinginan saya agar para siswa bisa membuat blognya sendiri. Maka tak lama kemudian saya memutuskan untuk memberi tugas kepada para siswa untuk membuat blog. Tak lupa saya memberikan motivasi-motivasi agar mereka lebih bersemangat dalam menyelesaikan tugas kali ini.

Alhamdulillah tanggapan mereka sangat positif terhadap adanya tugas ini. Ini terbukti beberapa diantara mereka satu persatu berhasil membuat blognya sendiri. Berikut beberapa nama dan alamat  serta tampilan blog para siswa saya yang berhasil menyelasaikan tugas:

1. Putri Nurul Shoimah (Kelas 8D)

Tampilan Blog Putri Nurul Shoimah Kelas 8D
Tampilan Blog Putri Nurul Shoimah (Kelas 8D)
Alamat Blog: http://shoimahpuns.blogspot.co.id/

2. Jamilatun Nisak (Kelas 8D)

Tampilan Blog Jamilatun Nisak Kelas 8D
Tampilan Blog Jamilatun Nisak (Kelas 8D)


Alamat Blog: http://jamilatunnisak2002.blogspot.co.id/



3. Liza Umma Nur Hidayah (Kelas 8D)

Tampilan Blog Liza Umma Nur Hidayah Kelas 8D
Tampilan Blog Liza Umma Nur Hidayah (Kelas 8D)


Alamat Blog: http://lizaumma.blogspot.co.id/



4. Garinda Farahdiba Putri (Kelas 8D)

Tampilan Blog Garinda Farahdiba Putri Kelas 8D
Tampilan Blog Garinda Farahdiba Putri (Kelas 8D)
Alamat Blog: http://garindafarah.blogspot.co.id/

5. Andri Nur Cahyani (Kelas 8D)

Tampilan Blog Andri Nur Cahyani Kelas 8D
Tampilan Blog Andri Nur Cahyani (Kelas 8D)
Alamat Blog: http://andriinur.blogspot.co.id/

6. Fadila Khoirunnisa (Kelas 8D)

Tampilan Blog Fadila Khoirunnisa Kelas 8D
Tampilan Blog Fadila Khoirunnisa (Kelas 8D)
Alamat Blog: http://fakhanzadila.blogspot.co.id/

7. Baitul Afwawiyah (Kelas 8D)

Tampilan Blog Baitul Afwawiyah Kelas 8D
Tampilan Blog Baitul Afwawiyah Kelas 8D
Alamat Blog: http://afafawiyah.blogspot.co.id/


8. Anisa Zahra Novia Lestari (Kelas 8D)

Tampilan Blog Anisa Zahra Novia Lestari Kelas 8D
Tampilan Blog Tampilan Anisa Zahra Novia Lestari Kelas 8D 
Alamat Blog: http://anisazale.blogspot.co.id/


9. Lisa Ayu Cahyaningrum (Kelas 8D)

Tampilan Blog Lisa Ayu Cahyaningrum Kelas 8D
Tampilan Blog Lisa Ayu Cahyaningrum Kelas 8D
Alamat Blog: http://liacini.blogspot.co.id/


10. Zahrania Aqila Nur Ahmalia (Kelas 8D)

Tampilan Blog Zahrania Aqila Kelas 8D
Tampilan Blog  Zahrania Aqila Kelas 8D
Alamat Blog: http://aqilaazzahra.blogspot.co.id/
 
Demikian sebagian contoh blog siswa yang telah dibuat. Adapun yang tercantum diatas hanyalah sebagian contoh dari sekian blog para siswa yang telah berhasil dibuat oleh siswa sendiri. Untuk selanjutnya adalah bagaimana mengarahkan siswa untuk rajin mengelola blog masing-masing dengan rajin membuat tulisan yang bermanfaat. Serta tak lupa memanfaatkannya untuk mendukung proses pembelajaran yang ada disekolah.

Dari posting ini, diharapkan paling tidak kita sebagai Guru yang hidup di zaman dengan perkembangan teknologi yang serba cepat ini sadar betapa pentingnya pemanfaatan teknologi untuk kemajuan pendidikan. Semoga bermanfaat.




Post a Comment

2 Comments

@kakdidik13 said…
Alhamdulillah, Blog untuk media pembelajaran. Oh ya template-nya masih pakai bawaan dari blogspot ya, semangat-semangat !
Unknown said…
Yupz...benar banget Kak Didik. Iya kak. Untuk anak-anak yang penting merasa tertarik dan bisa membuat dulu. Untuk selanjutnya tinggal mengembangkan. Kedepan juga ingin buat Komunitas Blogger Pelajar. Mohon doanya.