Mufa Media - Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah salah satu bentuk evaluasi akhir yang dilakukan di akhir semester untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan materi pelajaran yang telah dipelajari selama satu semester. PAT biasanya meliputi berbagai mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Akidah Akhlak yang menjadi bagian penting dalam pendidikan Islam. Sebagai persiapan menghadapi PAT Akidah Akhlak kelas 9 MTs, kisi-kisi soal PAT dapat menjadi acuan dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik.
- Pelajari dengan seksama seluruh materi yang akan diujikan.
- Buat catatan dan ringkasan dari setiap topik yang telah dipelajari.
- Lakukan latihan soal dari berbagai sumber, termasuk buku dan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya.
- Perhatikan jenis soal yang akan diujikan dan cara menjawabnya.
- Lakukan persiapan dengan belajar secara teratur dan konsisten, sehingga materi yang telah dipelajari dapat terserap dengan baik dan mudah diingat kembali saat ujian.
- Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara fisik dan psikologis dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat sebelum menghadapi ujian. Hindari begadang atau mengonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi konsentrasi selama ujian.
Kompetensi
Dasar |
Materi
Pokok |
Indikator
Soal |
Nomor
Soal PG |
3.6 Menganalisis pengertian, dalil/ bukti, macam-macam,
dan hikmah beriman kepada qadla' dan qadar |
Iman
kepada Qodlo dan Qodar |
·
Siswa dapat
Menyebutkan pengertian dari Qodlo dan Qodar ·
Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam takdir yang berhubungan dengan qodlo dan qodar ·
Siswa dapat menyebutkan dalil
kebenaran akan adanya qodlo dan qodar ·
Siswa dapat menyebutkan
ciri – ciri perilaku orang yang beriman kepada qada’ dan qadar ·
Siswa dapat menyebutkan hikmah
orang yang beriman kepada qadla dan qadar |
1,9
2,8 3,10 4 5 |
4.6
Mengomunikasikan hasil analisis contoh dan ciri-ciri perilaku beriman
kepada qadla' dan qadar |
Iman
kepada Qodlo dan Qodar |
·
Siswa dapat mengkomunikasikan
contoh-contoh perilaku beriman kepada
Qodlo dan qodar ·
Siswa dapat Menyajikan fenomena, fakta
atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada
ilustrasi iman kepada qodlo dan
qodar |
6 7 |
3.7. Menganalisis bentuk- bentuk perilaku
menyimpang dalam pergaulan remaja (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran) |
Menghindari perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja |
·
Siswa dapat menjelaskan
pengertian dan ciri-ciri remaja ·
Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlaq tercela dalam pergaulan
remaja ·
Siswa dapat Menganalisis adab pergaulan remaja menurut Islam ·
Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku remaja yang
menyimpang ·
Siswa dapat menganalilis dampak negatif perilaku menyimpang dalam
pergaulan remaja ·
Siswa dapat menyebutkan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja |
11,
18 12 13,20 14 15,
19 16 |
4.7 Mengkomunikasikan contoh bahaya minuman keras, judi, pacaran dan tawuran
dalam kehidupan |
Menghindari perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja |
·
Siswa dapat menyajikan contoh
bahaya minuman keras, judi, pacaran dan tawuran
dalam kehidupan sehari-hari yang harus di hindari |
17 |
3.8 Menerapkan adab berjalan, makan dan
minum serta berpakaian |
Adab berjalan, berpakaian, makan dan minum |
·
Siswa dapat menjelaskan
pentingnya adab berjalan dalam Islam ·
Siswa dapat menjelaskan pentingnya adab berpakaian dalam
Islam ·
Siswa dapat menjelaskan pentingnya adab makan dan
minum dalam Islam ·
Menunjukkan dalil adab berjalan, berpakaian makan dan minum dalam
Islam ·
Siswa dapat menyebutkan hikmah adab
berjalan, berpakaian makan dan minum dalam Islam |
21 22,
30 23 24,27 25,28 |
4..8
Menyajikan contoh dan
dalil adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian dalam kehidupan
sehari-hari |
Adab berjalan, berpakaian, makan dan minum |
·
Siswa dapat menyajikan contoh-contoh adab berjalan, berpakaian makan dan minum dalam
Islam |
26,
29 |
3.9 Menganalisis sikap dan keteladanan sahabat
Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib karromallahu wajhah |
Kisah
keteladanan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib |
·
Siswa dapat menjelaskan
kisah Utsman bin Affan ra . ·
Siswa dapat menyebutkan keteladanan Utsman bin Affan ra ·
Siswa dapat menjelaskan
kisah Ali bin Abi Thalib ra ·
Siswa dapat menyebutkan keteladanan
Ali bin Abi Thalib ra ·
Siswa dapat menganalisis cara-cara meneladani kisah keteladanan
sahabat Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a ·
Siswa dapat menyebutkan hikmah meneladani kisah keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a |
31,39 32 33,40 34 35 36 |
4.9 Mengomunikasikan hasil analisis keteladaan
Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib karromallahu wajhah dalam
kehidupan sehari-hari |
Kisah
keteladanan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib |
·
Siswa dapat mengidentifikasi perilaku meneladani sahabat Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a |
37, 38 |
0 Comments