Foto

MM

Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Akidah Akhlak Kelas 9 MTs



Mufa Media
- Penilaian Akhir Tahun (PAT) adalah salah satu bentuk evaluasi akhir yang dilakukan di akhir semester untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan materi pelajaran yang telah dipelajari selama satu semester. PAT biasanya meliputi berbagai mata pelajaran, termasuk mata pelajaran Akidah Akhlak yang menjadi bagian penting dalam pendidikan Islam. Sebagai persiapan menghadapi PAT Akidah Akhlak kelas 9 MTs, kisi-kisi soal PAT dapat menjadi acuan dalam mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa tips persiapan yang dapat dilakukan siswa dalam menghadapi PAT Akidah Akhlak kelas 9 MTs:
  1. Pelajari dengan seksama seluruh materi yang akan diujikan.
  2. Buat catatan dan ringkasan dari setiap topik yang telah dipelajari.
  3. Lakukan latihan soal dari berbagai sumber, termasuk buku dan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya.
  4. Perhatikan jenis soal yang akan diujikan dan cara menjawabnya.
  5. Lakukan persiapan dengan belajar secara teratur dan konsisten, sehingga materi yang telah dipelajari dapat terserap dengan baik dan mudah diingat kembali saat ujian.
  6. Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri secara fisik dan psikologis dengan istirahat yang cukup dan makan makanan yang sehat sebelum menghadapi ujian. Hindari begadang atau mengonsumsi makanan yang dapat mempengaruhi konsentrasi selama ujian.
Berikut ini adalah contoh Kisi-Kisi Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Akidah Akhlak Kelas 9 MTs:

KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN
TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Jenjang                 : Madrasah Tsanawiyah (MTs) 
Mata pelajaran    : Akidah Akhlak
Kelas : 9


 

Kompetensi Dasar

 

Materi Pokok

 

Indikator Soal

Nomor Soal

PG

3.6  Menganalisis  pengertian, dalil/ bukti, macam-macam, dan hikmah beriman kepada qadla' dan qadar

 

 

 

 

Iman kepada Qodlo dan Qodar

·        Siswa dapat Menyebutkan pengertian dari Qodlo dan Qodar

·        Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam takdir yang berhubungan dengan qodlo dan qodar

·        Siswa dapat menyebutkan dalil kebenaran akan adanya qodlo dan qodar

·        Siswa dapat  menyebutkan ciri – ciri perilaku orang yang beriman kepada qada’ dan qadar

·        Siswa dapat  menyebutkan hikmah orang yang beriman kepada qadla dan qadar

 

1,9

2,8 

 

3,10

 

4

 

5

 

 

4.6    Mengomunikasikan hasil analisis contoh dan ciri-ciri perilaku beriman kepada qadla' dan qadar

Iman kepada Qodlo dan Qodar

·        Siswa dapat mengkomunikasikan contoh-contoh perilaku beriman kepada  Qodlo dan qodar

·        Siswa dapat Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi iman kepada qodlo dan qodar

6

 

7

 

 

 

3.7. Menganalisis bentuk- bentuk perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja (minuman keras, judi, pacaran dan tawuran)

Menghindari perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja

 

·        Siswa dapat menjelaskan pengertian dan ciri-ciri remaja

·        Siswa dapat menjelaskan pengertian akhlaq tercela dalam pergaulan remaja

 

·        Siswa dapat Menganalisis adab pergaulan remaja menurut Islam

·        Siswa dapat mengidentifikasi contoh-contoh perilaku remaja yang menyimpang

·        Siswa dapat menganalilis dampak negatif perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja

·        Siswa dapat menyebutkan hikmah akhlak terpuji dalam pergaulan remaja

 

11, 18 

 

12 

 

 

13,20

 

14

 

15, 19

 

16

 

4.7  Mengkomunikasikan contoh bahaya  minuman keras, judi, pacaran dan tawuran dalam kehidupan

Menghindari perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja

 

·        Siswa dapat menyajikan contoh bahaya  minuman keras, judi, pacaran dan tawuran dalam kehidupan sehari-hari yang harus di hindari

 

17

3.8  Menerapkan adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian

Adab berjalan, berpakaian, makan dan minum

 

·        Siswa dapat menjelaskan pentingnya adab berjalan dalam Islam

·        Siswa  dapat menjelaskan pentingnya adab berpakaian dalam Islam

·        Siswa dapat menjelaskan pentingnya adab makan dan minum  dalam Islam

·        Menunjukkan dalil adab berjalan, berpakaian makan dan minum dalam Islam

·        Siswa dapat menyebutkan hikmah adab  berjalan, berpakaian makan dan minum dalam Islam

 

21

 

22, 30

 

23

 

24,27

 

25,28

 

 

 

 

4..8 Menyajikan contoh dan dalil adab berjalan, makan dan minum serta berpakaian dalam kehidupan sehari-hari

Adab berjalan, berpakaian, makan dan minum

 

·        Siswa dapat menyajikan contoh-contoh adab  berjalan, berpakaian makan dan minum dalam Islam

 

26, 29

3.9  Menganalisis sikap dan keteladanan sahabat Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib karromallahu wajhah

 

Kisah keteladanan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib

 

·        Siswa dapat menjelaskan kisah Utsman bin Affan ra .

·        Siswa dapat  menyebutkan  keteladanan Utsman bin Affan ra

·        Siswa dapat menjelaskan kisah Ali bin Abi Thalib ra

·        Siswa dapat  menyebutkan  keteladanan  Ali bin Abi Thalib ra

·        Siswa dapat menganalisis cara-cara meneladani kisah keteladanan sahabat  Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a

·        Siswa dapat menyebutkan hikmah meneladani  kisah keteladanan sahabat  Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a

 

31,39

32

 

33,40

34

 

35

 

 

36

 

 

4.9  Mengomunikasikan hasil analisis keteladaan Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib karromallahu wajhah dalam kehidupan sehari-hari

 

 


Kisah keteladanan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib

·        Siswa dapat mengidentifikasi perilaku meneladani  sahabat  Usman bin Affan r.a , dan Ali bin Abi Thalib r.a

37, 38

Post a Comment

0 Comments