Tuesday, February 16, 2016

Langkah-langkah Penting dalam Pembuatan Program Pembelajaran ICT

Mufa Media - Pembelajaran yang memanfaatkan komputer sebagai media merupakan salah satu bentuk pembelajaran terprogram (Programmed Instructional), sehingga dalam penyusunan/pembuatannya harus terencana dengan baik serta dilakukan dengan hati-hati berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran yang benar. 

Hal ini dimaksudkan agar dalam proses pemanfaatannya dapat efektif dan berdayaguna secara maksimal dalam mencapai keberhasilan proses pembelajaran serta sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran yang benar. Sehingga dapat dipertanggungjawabkan.
Media Pembelajaran ICT

Dalam hal ini peran pembuat sangatlah vital. Selanjutnya, penulis disini lebih suka menyebutnya sebagai programer. Agar lebih keren. Karena mengingat peran dan tanggung jawabnya sebagai perancang sekaligus pencipta program pembelajaran itu sendiri. Programer bertanggung jawab penuh terhadap kualitas program pembelajaran yang diciptakan. Program pembelajaran disini juga dapat dimaknai sebagai produk pembelajaran yang dihasilkan programer sebagai media untuk membantu dan memudahkan pembelajaran. Dapat berupa slide pembelajaran, kuis pembelajaran, software pembelajaran ataupun yang lainnya yang masih sebangsa dengan itu. Menyesuaikan dengan interpretasi dan situasi yang ada.

Hal terpenting dalam tulisan ini sebenarnya adalah bahwa dalam proses pembuatan program pembelajaran ICT tidak dapat mengabaikan urutan langkah-langkah pentingnya. Karena dengan memperhatikan urutan langkah-langkahnya maka akan dapat dihasilkan program dan produk pembelajaran yang baik dan berkualitas. Apakah langkah-langkah yang dimaksudkan disini?

Adapun langkah-langkah penting dalam penyusunan program pembelajaran berbasis ICT yang dalam hal ini akan banyak memanfaatkan peran komputer meliputi : 

1. Perencanaan Awal

Dalam pembuatan program pembelajaran ICT ini peran perencanaan sangatlah penting adanya. Hal ini dimaksudkan agar dalam proses pembuatannya dapat terstruktur dengan baik sehingga dapat menghasilkan produk yang sistematis sehingga mudah dalam penggunaannya.

Langkah-langkah berikut dapat Anda lakukan sebagai bagian dari perencanaan awal:

- Lakukan identifikasi tujuan pembelajaran, kebutuhan belajar, masalah yang biasa dan mungkin akan muncul.

Hal ini penting untuk dilakukan. Karena dengan mengetahui dan mengidentifikasi tujuan pembelajaran maka programer dapat merancang program yang memungkinkan pengguna program (user) untuk melakukan langkah-langkah pembelajaran secara konsisten dan tidak melenceng dari tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Demikian pula dengan mengetahui kebutuhan belajar maka programer dapat menyesuaikan program yang hendak dibuatnya agar dapat memenuhi kebutuhan belajar para siswa selaku sasaran utama dalam pembelajaran. Adapun dengan mengidentifikasi masalah yang biasa dan yang mungkin akan muncul dapat meminimalisir kesalahan desain program. 

- Lakukan analisis karakteristik user (siswa) meliputi tingkat usia, ilmu dasar yang dimiliki user dan tingkat pemahaman user.

Dengan menganalisis karakteristik user (siswa) dapat memberikan acuan kepada programer untuk menyesuaikan desain program pembelajaran dengn latar belakang user. Sehingga dengan demikian dapat lebih tepat sasaran. 

- Menentukan keperluan pembelajaran klasikal atau individual.

Analisis ini berguna untuk mengidentifikasi tentang bagaimana nantinya program pembelajaran akan digunakan. Akankah digunakan secara perorangan atau digunakan secara kelompok atau jumlah yang lebih besar. Dengan begitu programer dapat menentukan takaran perbandingan dalam menyusun aspek-aspek yang mendukung program.

- Menentukan strategi/pendekatan yang akan digunakan,program pembangkitnya (paket aplikasi atau bahasa pemrograman).

Pada tahap inilah diperlukan kecerdasan dan kejelian programer dalam membuat program yang tepat sasaran. Demikian pula penguasaan dan pemilihan yang tepat terkait aplikasi/sofware/bahasa pemrograman yang digunakan juga mutlak adanya. Ini dimaksudkan agar produk program yang dihasilkan dapat berkualitas. 

2. Mempersiapkan Materi

Setelah tahap persiapan selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan materinya. Dalam mempersiapkan materi, programer sebisa mungkin untuk memenuhi beberapa kriteria berikut ini:

  • Menguasai materi dan metodologi pembelajaran
  • Menguasai prosedur pengembangan media
  • Menguasai teknis pemrograman komputer
  • Mengetahui keterbatasan komputer sehingga program yang dibuatnya nyaman digunakan (user friendly).

3. Desain Paket Program

Sesuaikan dengan fungsi pembelajaran, apakah untuk memperkenalkan materi baru atau untuk melengkapi/ penguatan pembelajaran yang telah berlangsung. Berkaitan dengan fungsi pembelajaran, maka desain yang mungkin adalah: tutorial design, drill-and practice design, problem solving design, simulation design, atau game design.

4. Validasi Paket Program

Setelah paket program dibuat, lakukan uji coba terhadap siswa yang dipilih serta dikontrol sebagai sample uji coba. 

Validasi program komputer meliputi :
  • Kebenaran bahan ajarnya (materi)
  • Ketepatan antara paket program dan populasi pengguna
  • Kemudahan dalam penggunaan
  • Efisiensi penggunaan
  • Reliabitas

Semoga bermanfaat :)

Sumber Gambar: Pixabay