Monday, February 22, 2016

Memahami Media Pembelajaran

Mufa Media - Bila kita berprofesi sebagai guru, maka tentunya kita akan sangat akrab dengan proses pembelajaran. Nah, dalam proses pembelajaran itulah kita mengenal media pembelajaran. Media pembelajaran dapat dijadikan sarana dalam membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan demikian, media pembelajaran bisa jadi sangat penting adanya dalam proses pembelajaran yang kita lakukan. 

Namun, bila kebetulan ada diantara kita yang berprofesi bukan sebagai guru, maka paling tidak dari tulisan yang akan Anda baca ini bisa menambah bahan referensi yang sudah ada ataupun sebagai wawasan dan sudut pandang baru dalam kaitannya dengan media pembelajaran. 

Karena itulah membaca tulisan ini menjadi alternatif yang bisa Anda pilih. Semoga bermanfaat.

Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang media pembelajaran, maka alangkah baiknya bila kita mengenal lebih jelas tentang media pembelajaran itu sendiri.

Media Pembelajaran terdiri dari dua kata, yakni media dan pembelajaran.  Bila ditinjau dari segi bahasa, kata "media" berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “medium”. Secara harfiah kata tersebut dapat diartikan sebagai "perantara" atau "pengantar", yaitu perantara atau pengantar dari sumber pesan (a source) dengan penerima pesan (a receiver).

Dalam lingkup pembelajaran, beberapa ahli juga telah memberikan ulasan mengenai pengertian media. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut: 
  • Menurut Gagne
Media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.
  • Menurut Schram 
Media adalah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.
  • Menurut Briggs 
Media adalah alat untuk memberikan perangsang bagi siswa supaya terjadi proses belajar.
  • Menurut Syaiful Bahri Djamarah
Media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan.
  • Menurut Miarso 
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa media adalah alat atau sarana yang dipergunakan untuk menyampaikan pesan dari sumber pesan kepada penerima pesan.

Sedangkan kata pembelajaran berasal dari kata belajar yang mendapat awalan pe- dan akhiran -an yang mana dapat diartikan sebagai proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.

Namun lebih jauh, para pakar juga telah mengemukakan tentang arti dari "pembelajaran" ini, diantaranya adalah berikut ini:
  • Menurut Slavin
Pembelajaran merupakan perubahan tingkah laku seseorang individu yang disebabkan oleh sebuah pengalaman.
  • Menurut Knowles
Pembelajaran merupakan cara pengkoordinasian peserta didik untuk menggapai tujuan dari pendidikan.
  • Menurut Corey
Pembelajaran merupakan proses dimana suatu lingkungan secara disengaja dikelola untuk menghasilkan respon terhadap situasi dan kondisi tertentu yang mana pembelajaran ini merupakan substansi dari pendidikan.
  • Menurut Dimyati dan Mudjiono
Pembelajaran merupakan aktivitas pendidik atau guru secara terprogram melalui desain instruksional agar peserta didik dapat belajar secara aktif dan lebih menekankan pada sumber belajar yang disediakan.
  • Menurut Warsita
Pembelajaran merupakan suatu bentuk usaha dalam membuat peserta didik agar mau belajar atau suatu bentuk aktivitas untuk membelajarkan peserta didik.
  • Menurut Sudjana
Pembelajaran ialah setiap upaya yang sistematik dan sengaja untuk menciptakan kegiatan interaksi yang edukatif antara guru dan peserta didik.
  • Menurut Trianto
Pembelajaran adalah salah satu aspek dari kegiatan manusia secara kompleks yang tidak sepenuhnya bisa dijelaskan atau dijabarkan.

Dari pengertian-pengertian diatas, secara lebih sederhana dapat dijelaskan bahwa pembelajaran merupakan produk dari interaksi yang berkelanjutan antara pengembangan dan pengalaman.

Atau secara lebih umum dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran ialah usaha yang dilakukan secara sadar yang dilakukan seorang pendidik untuk membelajarkan peserta didiknya dengan memberikan arahan sesuai dengan sumber-sumber belajar lainnya untuk mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Maka, dari sini dapat kita ketahui bahwa media pembelajaran adalah sarana atau alat yang digunakan oleh guru (penyampai pesan/informasi) dalam proses menyampaikan pesan/informasi kepada siswa (sasaran informasi) dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.


Baca juga: Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran




Tujuan Media Pembelajaran

Membahas mengenai tujuan pembelajaran, maka tidak terlepas dari penggunaan media pembelajaran itu sendiri. Dapat dijelaskan disini bahwa penggunaan media didalam pembelajaran bukanlah bermaksud mengganti cara mengajar yang baik, akan tetapi media ditujukan untuk melengkapi dan membantu para guru (penyampai informasi) dalam menyampaikan materi atau informasi kepada siswa (sasaran informasi).

Dengan menggunakan media diharapkan dapat terjadi interaksi antara guru dengan siswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.

Maka, secara umum dapat kita ketahui bahwa tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa.

Sedangkan secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan:
  • Untuk mewujudkan suasana belajar yang kondusif dan efektif sehingga memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
  •  Menciptakan pengalaman belajar yang berbeda dan variatif bagi siswa sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.
  •  Menumbuhkan sikap dan keterampilan tertentu dari para siswa maupun guru dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.
  •  Merangsang kreatifitas dari guru dan siswa dalam mengembangkan proses pembelajaran.
  •  Menciptakan situasi belajar yang bermakna dan berkesan bagi siswa.
  •  Memberikan dorongan dan motivasi belajar kepada siswa dan motivasi pengembangan diri bagi guru.

 

Manfaat Media Pembelajaran

Secara umum media pembelajaran dapat mempunyai kegunaan-kegunaan sebagai berikut:
  • Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka).
  • Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera serta keterbatasan-keterbatasan lainnya.
  • Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat mengatasi kevakuman dalam kelas dan lebih membuat siswa aktif.
  • Dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bagi para siswa.
  • Lebih memungkinkan terjadinya interaksi yang efektif antara siswa dan guru ataupun siswa dengan lingkungannya.
  • Tentu selain ini masih banyak lagi manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan media pembelajaran, sesuai dengan kondisi dan pengalaman pembelajaran yang terjadi.

Jenis Media Pembelajaran

Media pembelajaran sangatlah banyak jenisnya. Namun secara umum dapat diklasifikasikan kedalam beberapa kategori sebagai berikut:
  • Media Visual
Yaitu media yang hanya bisa dilihat saja. Biasanya dituangkan dalam bentuk-bentuk visual.
Contoh: foto, gambar, poster, sketsa, kartun, grafik, Diagram, Bagan, Peta atau Globe, Papan Planel, Papan Buletin, dan lain-lain.      
  • Media Audio
Yaitu media yang hanya dapat didengar saja. Biasanya dituangkan dalam lambang-lambang auditif.
Contoh: kaset audio, mp3, radio, file rekaman suara, dan lain-lain.
 
  • Media Audio Visual
Yaitu media yang dapat didengar sekaligus dilihat.
Contoh: film bersuara, video, televisi, sound slide.
  • Multimedia
Yaitu media yang dapat menyajikan unsur media secara lengkap. Perpaduan dari media audio dan visual.
Contoh: animasi. Multimedia sering diidentikan dengan komputer, internet dan pembelajaran berbasis komputer.
  • Media Realita
Yaitu media nyata yang ada di dilingkungan alam, baik digunakan dalam keadaan hidup maupun sudah diawetkan.
Contoh : binatang, tanaman, spesimen, herbarium,  dan lain-lain.


Tulisan ini akan terus dikembangkan. Untuk itu ikuti terus perkembangannya. Semoga bermanfaat :)