Friday, February 19, 2016

Pengalaman Mengikuti Seminar Internet Sehat di Bojonegoro

Mufa Media - Pada hari Minggu (14/2/2016) ada kegiatan menarik di Pendopo Malowopati, Pemkab Bojonegoro. Ya, pada hari itu digelar acara seminar dengan tajuk "Cerdas, Kreatif, dan Produktif dengan Internet Sehat". Sebuah seminar yang diadakan sebagai upaya edukasi bagi generasi muda Bojonegoro khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk memanfaatkan internet secara sehat.

Seminar ini diselenggarakan oleh rekan-rekan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Bojonegoro yang bekerjasama dengan ExxonMobile serta didukung penuh oleh Pemkab Bojonegoro dan beberapa sponsor lainnya.

Beberapa sponsor Seminar Cerdas, Kreatif dan Produktif dengan Internet Sehat
Acara Seminar Internet Sehat Bojonegoro yang didukung oleh beberapa sponsor

Seminar Dihadiri Bupati Bojonegoro

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua RTIK Bojonegoro, Rifaun Na'im yang akrab dipanggil dengan Mas Fauns. Beberapa hal terkait terselenggaranya acara ini disampaikan olehnya. Rasa terimakasih juga disampaikannya kepada para peserta dan tamu undangan yang sudah berkenan hadir. Tak lupa ungkapan terimakasih juga disampaikan kepada Pemkab Bojonegoro, ExxonMobile serta pihak-pihak terkait yang mendukung terselenggaranya acara ini. Harapannya kedepan agar acara-acara semacam ini dapat lebih sering diadakan di Bojonegoro. Kemudian dilanjutkan sambutan dari Mas Dave A., selaku perwakilan dari ExxonMobile. Banyak disampaikan oleh beliau tentang bagaimana komitmen ExxonMobile dalam mendukung semakin majunya Kabupaten Bojonegoro melalui program-program ExxonMobile yang bermanfaat bagi masyarakat Bojonegoro. Salah satunya adalah kegiatan semacam ini. Mengingat Bojonegoro memiliki banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan termasuk dari sektor perminyakan serta yang lainnya. 

Dalam seminar tersebut juga hadir Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto, M.Si atau yang lebih akrab disapa Kang Yoto. Dalam sambutannya, Kang Yoto banyak mengungkapkan pengalamannya dalam memanfaatkan internet. Mulai dari pengalaman belajar Bahasa Inggris dengan men-download kamus digital dari internet hingga pengalaman bagaimana Kang Yoto membangun komunikasi dengan masyarakat dan membangun pemerintahan yang demokratis di Kabupaten Bojonegoro dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp yang terkenal itu. Bahkan karena saking akrabnya dengan internet, sampai-sampai beliau memiliki beberapa perangkat komunikasi mulai HP jadul hingga smartphone canggih terkini.

Bupati Suyoto ketika menyampaikan sambutan dalam acara Seminar Internet Sehat
Kang Yoto, Bupati Bojonegoro saat menyampaikan sambutan

Bupati yang sering mendapat undangan ke berbagai negara karena prestasinya ini juga mengungkapkan bahwa dalam pemanfaatan internet kembali lagi kepada pengguna internet itu sendiri. Pengguna selaku driver akan mendapatkan manfaat yang besar dari koneksi internet bila mampu memanfaatkannya secara sehat, kreatif dan produktif. Demikian pula sebaliknya.

Dalam kesempatan itu Kang Yoto menyampaikan bahwa di Bojonegoro banyak pula generasi muda yang sudah memanfaatkan internet ini secara produktif. Terbukti bahwa di Bojonegoro juga ada pemuda yang mampu meraup penghasilan hingga jutaan rupiah dengan memanfaatkan internet. Demikian pula banyak pemuda Bojonegoro yang tergabung dalam beberapa wadah dan komunitas yang aktif memasyarakatkan penggunaan internet secara sehat, cerdas, kreatif dan produktif semisal RTIK Bojonegoro, Blogger Bojonegoro, dan lain-lain. Walaupun banyak yang tidak memiliki background pendidikan khusus komputer, namun mereka membuktikan bahwa dengan modal kemauan yang kuat untuk belajar mereka mampu memberikan sumbangsih nyata terhadap kemajuan Bojonegoro melalui bidang teknologi dan informasi.

Pada hari itu Bapak Bupati juga melaunching Program IT untuk Pendidikan di Bojonegoro. Dalam kesempatan itu diserahkan bantuan secara simbolis oleh Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro kepada Kepala Sekolah yang didaulat untuk mewakili.




Menghadirkan Narasumber Berpengalaman

Seminar yang dihadiri oleh sekitar 380 peserta tersebut berlangsung meriah. Dalam acara ini dihadirkan dua narasumber berpengalaman yang sangat berkompeten dibidang masing-masing, yakni Mas Donny BU, praktisi dan pengamat sekaligus Direktur Eksekutif ICT Watch dan Bapak Namin AB Ibnu Sholihin, motivator pendidikan terkenal sekaligus Founder MotivatorPendidikan.com

Narasumber (Mas Donny dan Pak Namin) sedang menyampaikan materi
Para narasumber ketika menyampaikan materi seputar internet sehat

Kedua narasumber yang sudah malang melintang kiprahnya ini banyak memberikan materi-materi seputar pemanfaatan internet sehat.

Mas Donny banyak memberikan wawasan tentang bagaimana teknologi internet digunakan secara sehat untuk mendukung produktifitas masyarakat. Beliau juga mengungkapkan hasil penelitian bahwa dalam penggunaan internet memang terdapat beberapa kekhawatiran akan dampak negatif yang muncul. Mulai dari pornografi, cyber-bullying, perjudian hingga pedofilia anak. Namun beliau menegaskan bahwa pengguna internet tidak boleh takut terlalu berlebihan terhadap hal tersebut karena ternyata dampak positif dari internet jauh lebih banyak. Beliau juga banyak menyinggung tentang bagaimana seharusnya orang tua dan guru berperan dalam mengawasi dan mengendalikan perilaku anak dan siswa dalam menggunakan internet.

Sedangkan Bapak Namin AB Ibnu Sholihin selaku narasumber kedua banyak mengungkapkan tentang bagaimana memanfaatkan internet secara kreatif untuk pendidikan. Banyak motivasi yang disampaikannya terkait bagaimana internet digunakan untuk mendukung pendidikan di zaman digital ini. Dalam kesempatan itu beliau juga mendorong agar para guru dan pelajar lebih memaksimalkan peran internet untuk berkarya dan membuat hal-hal yang bermanfaat kemudian meng-upload-nya ke internet agar bisa diakses masyarakat pengguna internet. Kemudian banyak disinggung pula tentang banyaknya fasilitas gratis di internet yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan pendidik untuk mendukung pendidikan, semisal google driveslideshareyoutube dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kemeriahan acara hari itu sangatlah terasa dengan adanya sesi tanya jawab dan diskusi dengan para nasumber. Banyak peserta yang terlihat antusias dalam sesi ini Terlebih terdapat banyak doorprize dan hadiah-hadiah menarik yang disediakan pihak panitia dan sponsor bagi para peserta.

Mendapat Surprise dari Narasumber

Bagi saya, acara tersebut memberikan kesan tersendiri karena beberapa hal. 

Pertama, ini adalah seminar terkait internet pertama yang saya ikuti. Kebetulan pada kesempatan itu saya bisa datang bersama istri tercinta. Banyak sekali inspirasi dan motivasi yang kami dapatkan, khususnya tentang pemanfaatan internet secara kreatif untuk pendidikan. Hal ini sangat tepat sekali dengan aktifitas saya sebagai Guru di Madrasah. Rasa-rasanya ini semakin mendorong saya untuk bisa berkarya lebih banyak lagi didunia pendidikan dengan media internet. 

Kedua, alhamdulillah saya bisa bertemu langsung dengan para narasumber hebat yang berpengalaman. Karena selama ini saya hanya mengikuti kiprah para narasumber melalui tulisan-tulisannya di internet. 

Ketiga, ada surprise yang saya dapatkan ketika secara tiba-tiba dari salah satu narasumber, yakni Bapak Namin AB Ibnu Sholihin yang meminta saya untuk maju kedepan. Kemudian meminta untuk menyampaikan apa yang saya ketahui tentang beliau. Sejurus kemudian dengan sigap saya menjelaskannya kepada para peserta yang lain tentang profil dan kiprah beliau (ini karena memang saya telah banyak mengikuti kiprah dengan membaca karya-karya beliau di internet, maka saya dapat menjelaskan secara lancar). 

Mufa mendapatkan hadiah buku dari Pak Namin AB Ibnu Sholihin.img
Ketika saya menerima hadiah dari Motivator Pendidikan, Bpk. Namin AB Ibnu Sholihin

Alhasil diberikanlah sebuah buku istimewa berjudul "Menjadi Guru Kreatif di Zaman Digital" yang memuat tulisan Pak Namin, Om Jay (Bpk. Wijaya Kusumah, Founder Komunitas Sejuta Guru Ngeblog) dan tulisan-tulisan para guru lainnya yang luar biasa menginspirasi. Alhamdulillah. Terimakasih Pak Namin..! Jazakallah Khoiron Katsiro. Semoga bisa berjumpa lagi pada lain kesempatan.

Inilah pengalaman yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini. Saya berharap semoga acara-acara bermanfaat semacam ini dapat terus diadakan di Bojonegoro. Daerah yang amat saya cintai karena disitulah saya dilahirkan. Daerah yang punya potensi besar untuk menjadi maju dan matoh.

Akhir tulisan... 
Mari kita berinternet secara sehat. 
Mari Unduh yang Sehat dan Unggah yang Bermanfaat.
We love Bojonegoro Matoh.

Sumber Gambar: Motivator Pendidikan