Monday, December 28, 2015

Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran





Mufa Media - Dunia pendidikan di Indonesia terus berkembang. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk pergantian dan penyempurnaan kurikulum pendidikan dari waktu ke waktu. Menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan dunia.

Kualitas Pendidikan Indonesia
Meskipun dimasyarakat kita masih lazim adanya pro dan kontra ketika terjadi perubahan kurikulum dan yang terkait dengannya. Namun, hal ini bukanlah menjadi penghalang bagi kita (khususnya para guru) untuk menyikapi secara positif perbedaan pendapat yang berkembang. Justru ini adalah tantangan untuk lebih optimal dalam menyesuaikan perubahan dan perkembangan yang ada menyiapkan generasi Indonesia (para siswa) yang berkualitas. Yang nantinya akan memimpin bangsa ini kedepan. 

Untuk menyiapkan generasi Indonesia yang berkualitas, tentu dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Termasuk para guru. Terlebih, guru dapat dikatakan sebagai aktor utama dalam dunia pendidikan di Indonesia. Sebagai tokoh yang berperan penting pada pembentukan kualitas anak didik. 

Mengingat hal ini, maka mau tidak mau guru harus selalu siap untuk terus meningkatkan kualitasnya
sendiri. Karena tanpa adanya kualitas guru, maka akan sangat sulit untuk mewujudkan sumber daya anak didik yang berkualitas. 

Dalam usaha meningkatkan kualitas, maka para guru dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini. Tentunya banyak sekali teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kualitas para guru. Dari sekian banyak teknologi yang ada, disini akan dibahas salah satunya, yakni teknologi internet, khususnya blog. 

Mengenal Blog dan Manfaatnya

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana memanfaatkan blog, maka alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang "blog".


1. Pengertian Blog

Menurut situs Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log yakni bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama),meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Dari pengertian ini kita dapat menyimpulkan bahwa poin utama blog adalah tulisan. Yang mana tulisan menjadi isi utama dalam blog. Adapun aktifitas menulis dalam blog biasanya sering disebut dengan blogging. Sedangkan orang yang melakukan aktifitas ini disebut dengan blogger.

2. Jenis Blog

Adapun jenis blog sangatlah banyak diantaranya: Blog Pribadi, Blog Bertopik, Blog Kesehatan, Blog Politik, Blog Sastra, Blog Perjalanan, Blog Bisnis, Blog Pendidikan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Biasanya dapat dibedakan dari jenis isi tulisannya. Para guru dan siswa biasanya lebih banyak memanfaatkan jenis blog pendidikan dalam proses pendidikan yang berlangsung.

3. Manfaat Blog bagi Guru dan Siswa

Manfaat blog bagi Guru dan siswa sangatlah banyak sekali diantaranya:

- Blog dapat berguna sebagai media belajar guru dan siswa
Dengan ngeblog maka para guru dan siswa dapat memanfaatkan tulisan-tulisan dan fitur-fitur yang terdapat dalam blog sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Dari sini guru dan siswa juga dapat memanfaatkan blog untuk mencari referensi media pembelajaran yang tepat. 

- Blog dapat menjadi portofolio 
Blog dapat menjadi media yang tepat bagi guru dan siswa sebagai dokumentasi portofolio. Guru yang setiap harinya selalu melakukan proses pembelajaran dapat menceritakan pengalaman proses pembelajaran yang terjadi sebagai bahan rujukan bagi guru lain ataupun siswa. Demikian pula siswa dapat mendokumentasikan tugas-tugasnya didalam blog (dengan panduan guru). Sehingga dengan demikian proses pembelajaran dan juga tugas-tugas yang telah dikerjakan siswa tidak hilang begitu saja, melainkan dapat terdokumentasikan dengan baik.

- Mudah Diakses
Blog berada pada lingkup jaringan internet yang memungkinkan koneksi lebih luas, bahkan setiap belahan dunia dapat mengaksesnya, dengan syarat terdapat jaringan internet. Dengan demikian blog menjadi sangat mudah diakses oleh para guru maupun siswa tanpa terikat denga tempat dan waktu. Dimana saja dan kapan saja.

- Lebih menarik
Media pembelajaran dapat menjadikan proses pembelajaran lebih asyik dan menarik. Dari sekian media pembelajaran yang ada, blog dapat menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan blog memiliki banyak sisi kelebihan bila dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Media pembelajaran blog lebih banyak variasinya, lebih memungkinkan lebih banyak media (multimedia) untuk masuk kedalamnya, mudah pengaturannya, lebih interaktif dan tentunya lebih menarik. Apalagi sistemnya berada dalam jaringan internet yang memungkinkan interaksi lebih luas. (Baca : Contoh Cara Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran)





Blog sebagai Media Pembelajaran


Dalam perkembangan teknologi dewasa ini, tidak dapat dipungkiri lagi peran besar internet dalam membentuk peradaban manusia. Pengaruh internet sedemikian luasnya terhadap perkembangan yang ada. Tak terkecuali, pendidikan. Dunia pendidikan menjadi terbuka luas untuk berkembang dengan adanya internet.

Ayo Ngeblog
Ayo Ngeblog
Dalam lingkup pembahasan ini maka peran internet sudah semestinya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menguatkan peran pendidikan dalam membentuk karakter anak didik yang berhasil sesuai dengan yang diharapkan. Termasuk disini adalah bagaimana seharusnya teknologi internet ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menunjang pendidikan yang berkualitas. 

Blog merupakan salah satu domain yang berada dalam ruang lingkup internet. Blog harus dioptimalkan perannya dalam pendidikan, salah satunya sebagai media pembelajaran. Hal ini didasari karena media pembelajaran menjadi bagian tak terpisahkan dari pendidikan itu sendiri. Karena setiap proses pembelajaran akan dibutuhkan media pembelajaran yang tepat agar proses pencapaian tujuan pembelajaran dapat lebih optimal. 

Maka, mengingat hal tersebut sudah semestinya para guru dan siswa lebih membuka diri untuk lebih memaksimalkan media blog sebagai media pembelajaran. 

Cara Memanfaatkan Blog sebagai Media Pembelajaran


Banyak cara yang dapat digunakan para guru dan siswa dalam memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Diantaranya sebagai berikut:

1. Menjadikan Blog Guru sebagai Pusat dan Sumber Pembelajaran

Guru membuat blog khusus yang dimanfaatkan untuk menuliskan materi pembelajaran, ringkasan-ringkasan, bahan diskusi dan juga tugas-tugas yang dibuat untuk siswa. Kemudian guru mengarahkan siswa untuk saling berinteraksi dalam blog tersebut. Guru maupun siswa dapat berinteraksi dan memberikan tanggapannya dalam komentarnya di blog. Dengan demikian akan terjadi interaksi yang hidup antara guru dan siswa. Suasana pembelajaran akan lebih hidup. 

Cara ini akan memudahkan guru dalam memantau perkembangan siswanya melalui interaksi yang ada. Metode ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya relatif mudah untuk dilakukan siswa karena para siswa tidak disulitkan untuk membuat blog sendiri, namun hanya perlu belajar untuk berdiskusi dan menyelesaikan tugas melalui blog gurunya. Kelebihan yang lain adalah guru dapat memantau setiap aktifitas dan diskusi yang berlangsung diblognya. Namun disini guru harus sesering mungkin membimbing siswa dalam memanfaatkan blognya. Atau istilah lainnya harus sering-sering mempromosikan blognya kepada siswa.

2. Interaksi Blog Guru dan Blog Siswa

Disamping guru harus memiliki blognya sendiri, guru juga harus merangsang dan membimbing siswa untuk berusaha membuat blognya sendiri dan kemudian mengurusnya. Guru dapat mengatur ini sebagai bahan bimbingan untuk siswa dalam memanfaatkan blog untuk menyelesaikan tugas yang yang diberikan yang pada akhirnya dipajang di blog para siswa. Keuntungan dari metode/cara ini adalah terciptanya suasana kompetitif antar siswa untuk menjadikan blognya yang terbaik dimata guru. 

Disini guru dapat merangsang siswa untuk mengelola blognya dengan baik dengan iming-iming penghargaan/apresiasi. Dapat berupa nilai ataupun sesuatu yang bermanfaat dalam dunia nyata. Dengan cara ini maka dengan sendirinya akan tercipta budaya membaca dan menulis dikalangan siswa. Ini artinya siswa akan lebih banyak belajar.

3. Membangun Komunitas Blogger Pembelajaran

Ketika para guru dan murid sudah memiliki blog masing-masing dan telah terjadi interaksi antara keduanya, maka dapat ditidaklanjuti dengan membentuk komunitas Blogger Pembelajaran untuk menguatkan interaksi yang sudah ada. Dalam hal ini dapat terjadi tukar pendapat dan sharing antar anggota blogger untuk menunjang proses pembelajaran yang ada. Mungkin bisa dengan berbagi tips, kiat-kiat dan motivasi dan lain sebagainya. Disini guru berperan sebagai motivator agar para siswa senantiasa dapat memanfaatkan media komunitas ini semaksimal mungkin dengan mengambil manfaatnya.
Blog sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan
Blog sebagai Media Pembelajaran yang Menyenangkan

Maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa blog dapat menjadi alternatif yang dapat dipilih para guru dan siswa dalam menunjang proses pembelajaran agar menjadi lebih hidup dan lebih asyik. Belajar akan menjadi lebih menyenangkan!

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat :)