Luar Biasa! Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro Berlangsung Meriah

Mufa Media - Luar Biasa! Itulah kalimat yang pas untuk mengungkapkan situasi even yang bertajuk "Njungok Bareng Netizen Bojonegoro" yang berlangsung semalam (Jum'at, 6/5/2016). Acara dilaksanakan di Pendopo Pemkab Bojonegoro.

Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Suasana Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro

Pada kesempatan itu saya dan istri turut hadir dan bergabung didalamnya. Atmosfir kemeriahan sudah terasa semenjak awal acara. Semenjak pukul 18.00 WIB para peserta mulai berdatangan ditempat pelaksanaan acara. Beberapa diantaranya ada yang berasal dari luar Bojonegoro. Diantaranya dari Tuban, Lamongan dan Madura serta dari beberapa daerah lainnya. Demikian pula, yang turut hadir dari berbagai kalangan. Mulai dari guru, siswa, komunitas blogger dan yang lainnya dengan berbagai latar belakang turut hadir. Diperkirakan pesertanya hingga mencapai jumlah 500 orang lebih.

Dalam seminar tersebut menghadirkan narasumber Bapak Bupati Bojonegoro, Drs. Suyoto, M.Si dan Founder/CEO Detik.com, Bapak Budiono Darsono. Seminar itu digagas oleh Relawan TIK Bojonegoro bersama Pemkab Bojonegoro dan bekerjasama dengan Detik.com, Blibli.com, Rumah TIK Bojonegoro, SKK Migas, Exxon Mobile, Pertamina EP Cepu, GoFun Bojonegoro, Real Food Bojonegoro serta beberapa sponsor yang lain.

Seru! Dua MC Cantik yang Membawakan Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Seru! Dua MC Cantik yang Membawakan Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro

Beberapa saat setelah proses registrasi peserta, maka dimulailah acara itu. Sekitar pukul 20.00 WIB. Diawali oleh Kak Shela dari RTIK Bojonegoro dengan menyapa para peserta yang sudah hadir dan sejurus kemudian dilanjutkan oleh dua MC cewek cantik yang sudah malang melintang didunia per-bloggeran, khususnya di Bojonegoro (Mbak Nova dan Mbak ...). Keduanya berhasil membuat suasana awal acara menjadi sangat meriah. Dengan gayanya yang rame dan ceria kedua MC ini berhasil membuat para peserta yang hadir turut tersenyum bahagia. Apalagi pada kesempatan itu banyak hadiah doorprize yang dibagikan. Hehe.

Kang Yoto Ketika Menyampaikan Sambutan di Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Kang Yoto Ketika Menyampaikan Sambutan di Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro

Kang Yoto Berharap Generasi Muda Bojonegoro Semakin Kreatif

Dalam acara yang bertajuk "Dari Bojonegoro untuk Indonesia" ini Kang Yoto (panggilan akrab Bupati Suyoto; pen) berkesempatan menyampaikan sambutannya. Dalam kesempatan itu Kang Yoto banyak mengungkapkan tentang bagaimana perkembangan zaman digital yang serba cepat ini.

"Kalau dulu kita ditanya bagaimana bentuk bumi? Maka kita menjawabnya bulat (lih. Globe;pen.). Namun sekarang kita bisa menjawabnya flat (datar)", jelas Kang Yoto.

Hal ini dikarenakan kita sekarang dapat mengikuti perkembangan dunia dengan gadget yang ada ditangan kita yang terhubung dengan internet. Dengan kecanggihan perangkat teknologi internet yang terhubung dengan gadget kita yang memiliki permukaan layar datar (baca: smartphone) inilah kita bisa berkomunikasi dengan dunia tanpa ada batas sekat dan waktu. Serba mungkin. Maka dengan demikian, manfaat ataupun kerugian yang didapat kembali kepada pengguna gadget itu sendiri.

Kang Yoto juga banyak memberikan motivasi kepada generasi muda Bojonegoro yang banyak hadir pada malam itu melalui beberapa kisah dan paparan-paparan khasnya. Dalam kesempatan itu Kang Yoto juga menyampaikan harapannya agar generasi muda Bojonegoro semakin kreatif dalam memanfaatkan teknologi bagi perkembangan dan kemajuan diri.

Dari Bojonegoro untuk Indonesia dan Dunia

Acara pada malam itu bertemakan: "Dari Bojonegoro untuk Indonesia". Dengan tema tersebut mengandung makna bahwa masyarakat Bojonegoro memiliki tekad untuk menunjukkan bahwa Bojonegoro mampu untuk berkontribusi positif bagi Indonesia.

Melihat tema acara itu Kang Yoto juga sempat melontarkan pertanyaan kepada para netizen yang hadir. 
"Saya merinding dengan tema ini. Dari Bojonegoro untuk Indonesia. Ini sebuah slogan, harapan atau tekad?", tanya Kang Yoto.
Sontak para hadirin menjawab: "Tekaaad!!". Lalu bertepuk tangan.

Sejurus kemudian beliau banyak memberikan paparan tentang tekad tersebut yang sudah mulai terwujud satu persatu menjadi kenyataan. 

"Pak Budiono ini adalah salah satu contoh Bojonegoro untuk Indonesia", komentar beliau tentang Bapak Budiono Darsono, CEO Detik.com yang kini telah sukses. Bapak Budiono ini pernah mengenyam pendidikan dan lama tinggal di Bojonegoro.

Beliau juga banyak mengungkapkan prestasi-prestasi yang berhasil dicapai Bojonegoro ditingkat nasional maupun internasional. Dari Bojonegoro untuk Indonesia dan Dunia nampaknya bukan lagi menjadi sekedar slogan dan tekad namun berhasil menjadi kenyataan. Semoga demikian seterusnya.

Kisah Mahasiswa Amerika yang Bangga Berasal dari Bojonegoro

Pada malam itu Kang Yoto juga menceritakan bahwa suatu saat beliau pernah diundang oleh salah satu kampus terkemuka di Amerika Serikat. Beliau berkesempatan untuk memberikan ceramah dihadapan publik kampus tersebut. Alhasil dari ceramah yang beliau berikan pada saat itu ternyata banyak mengundang simpati dari berbagai kalangan. Banyak yang tertarik dengan isi ceramahnya,

Beberapa lama sebelum Kang Yoto datang ke kampus itu ternyata ada mahasiswa yang asli orang Bojonegoro. Setiap kali dia ditanya tentang daerah asalnya tidak pernah mau mengaku. Karena masih malu dengan daerahnya. Namun semenjak nama Kang Yoto yang menjabat Bupati Bojonegoro menjadi perbincangan hangat di kampusnya setelah memberikan ceramah dihadapan publik kampus, mahasiswa kini merasa bangga dengan tanah keahirannya. Semenjak itu pula dirinya tidak pernah lagi mengelak bila ditanya asal kelahirannya. Bahkan dengan bangga dia katakan Bojonegoro adalah daerah asalnya.

Bapak Budiono Darsono Ketika Menyampaikan Materi di Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Bapak Budiono Darsono Ketika Menyampaikan Materi di Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro

Paparan Kisah Perjalanan Detik.com yang Menginspirasi

Tampil sebagai narasumber utama, Bapak Budiono Darsono banyak mengungkapkan kisah perjalanan Detik.com diawal-awal berdirinya. Dikisahkan bahwa diawal perintisannya banyak kalangan yang meragukan keberhasilan Detik.com. Namun dengan semangat dan tekad yang kuat akhirnya Detik.com bisa sukses seperti sekarang.

Bapak Budiono juga banyak memberikan motivasi kepada para netizen agar bisa memaksimalkan pemanfaatan internet dan teknologi yang ada dizaman serba canggih ini. Perkembangan teknologi internet tidak dapat dihindari lagi. Berbagai macam tujuan dapat dilakukan dengan internet ini. Maka masalah bagaimana dan untuk tujuan apa kita menggunakan internet sebenarnya berpulang kepada diri kita masing-masing.

Didukung dengan slide-slide yang powerfull Bapak Budiono memaparkan materinya dengan sangat menarik sehingga membuat para peserta antusias dari awal hingga akhir. Dalam acara itu beliau juga banyak menyita perhatian para peserta yang hadir dengan cara penyampaian materi yang energik dan interaktif.  

Kemeriahan Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Kemeriahan Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro
Diakhir acara juga banyak dibagikan hadiah-hadiah dari sponsor kepada para peserta. Ada yang dapat hadiah smartphone juga lho. Alhamdulillah.

Maka, dengan mengikuti acara ini penulis merasa beruntung karena sudah mendapat banyak inspirasi dan pencerahan. Terimakasih Kang Yoto. Terimakasih Pak Budiono. Sukses terus untuk Anda. Sukses juga untuk Panitia dan Netizen semuanya. Semoga kita bisa berjumpa lagi :)

Sumber Gambar: www.detik.com dan www.novawijaya.com

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Luar Biasa! Acara Njungok Bareng Netizen Bojonegoro Berlangsung Meriah"

Didik Jatmiko said...

Terima kasih sudah ikut mensukseskan acara 'Njungok bareng Netizen Bojonegoro' semoga berkesan dan tetap semangat ngeblog njeh hehehe :)

Muchammad Fahrudin said...

Sama-sama Kak Didik. Insya Allah. Hehe. Terimakasih sudah berkunjung.