Monday, September 5, 2016

Pesan-Pesan Inspiratif dari Anne Ahira

Mufa Media - Beberapa waktu yang lalu saya membaca-baca artikel di www.anneahira.com. Sesuai dengan kebiasaan saya, bahwa apa yang saya baca seringkali memancing banyak inspirasi dan ide dikepala saya. Betul saja. Tak berapa lama kemudia saya memutuskan untuk submit (berlangganan) dari situs terkenal tersebut. Dengan saya berlangganan, saya berharap akan mendapat banyak ilmu dan inspirasi. 

Sesuai dengan apa yang saya harapkan, inspirasi-inspirasi bermunculan dikepala saya setelah membaca pesan-pesan dari Mbak Anne Ahira yang dikirim ke email saya. Sangat bersyukur rasanya dapat membaca pesan-pesan inspiratif dari seorang blogger terkenal di tanah air ini. Terimakasih Mbak Anne Ahira. Semoga sukses selalu.

Pesan-Pesan Inspiratif dari Anne Ahira
Screenshoot Situs milik Anne Ahira
Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin mengungkapkan rasa syukur saya dengan cara men-share beberapa email yang saya terima tersebut. Tentunya dengan saya sesuaikan bahasanya. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Inilah pesan-pesan inspiratif itu:

1. Melangkah dari Masa Lalu

Jika Anda mengalami trauma pada masa lalu yang begitu membekas. Trauma ini lantas Anda gunakan sebagai 'kambing hitam' atas keterpurukan Anda saat ini. Anda terus terikat dengannya, meski itu menyakitkan. 

Bila Anda tak bisa lepas dari trauma, maka coba tanyakanlah hal ini pada diri Anda:

"Berapa banyak luka lagi yang akan saya biarkan diderita oleh diri saya sendiri? Apakah trauma ini pantas menghancurkan seluruh sisa hidup saya? Siapa yang berkuasa disini, diri saya ataukah trauma?"

Perhatikanlah daun-daun yang mati dan berguguran dari pohon, ia sebenarnya memberikan hidup baru pada pohon. Bahkan sel-sel dalam tubuh kita pun selalu memperbaharui diri.

Segala sesuatu di alam ini memberikan jalan kepada kehidupan yang baru dan membuang yang lama. Satu-satunya yang menghalangi kita untuk melangkah dari masa lalu adalah pikiran kita sendiri.

Beban berat masa lalu, dibawa dari hari ke hari. Berubah menjadi ketakutan dan kecemasan, yang kemudian pada akhirnya akan menghancurkan hidup Anda sendiri.

Sahabat, ingatlah hanya seorang pemenanglah yang bisa melihat potensi, sementara seorang pecundang sibuk mengingat masa lalu.

Bila kita sibuk menghabiskan waktu dan energi kita memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan, maka kita tidak memiliki hari ini untuk disyukuri.

Saat kita merasa sedih dan putus asa, atau bahkan menderita, coba renungkan keadaan di sekitar kita. Barangkali masih banyak yang lebih parah dibandingkan kita?

Tetaplah tegar dan percaya diri, berpikir positif dan optimis, berjuang terus, dan pantang mundur. :-)

2. Diremehkan Dulu, Berhasil Kemudian

"Jauhi orang-orang yang mencoba mengecilkan ambisi Anda. Orang kecil selalu melakukannya, tetapi orang yang benar-benar besar membuat Anda percaya bahwa Anda juga dapat menjadi besar" - Mark Twain

Hai Sahabat,
Tidak perlu sedih dan berkecil hati jika orang lain meremehkan kemampuan Anda.  Banyak orang sukses lainnya juga pernah mengalaminya. 

Richard Branson - pendiri grup perusahaan Virgin dan wisata antariksa Virgin Galactic- di usia 16 tahun pernah dikeluarkan dari sekolah karena mengidap disleksia dan dianggap buta angka karena tidak mampu mengerjakan perhitungan matematika paling sederhana sekalipun. Namun, dalam sebuah survei, ia malah digolongkan sebagai pria tercerdas di Inggris. Kerajaan bisnisnya merupakan 1 dari 40 perusahaan besar di dunia yang memperoleh pendapatan tahunan hampir US$4 miliar atau sekitar 35 triliun rupiah per tahun!

Charles Schultz juga pernah diremehkan. Dulu banyak orang tak menghargai bakatnya. Karyanya dianggap kampungan. Tapi ia tidak pernah menyerah. Ia melawan arus. Akhirnya ia berhasil memukau dunia dengan cerita kartun populer dalam sejarah, Peanut, yang telah muncul di 2.600 surat kabar dunia dalam 21 bahasa.

Ide Alexander Graham Bell juga pernah ditertawakan teman-temannya. Dianggap mustahil. Namun atas dorongan tanggung jawab untuk menolong kehidupan orang-orang tuna rungu, seperti yang dialami ibu dan istrinya, Alexander Graham Bell berhasil menciptakan pesawat telepon yang kini sangat berguna bagi umat manusia.

Sahabat, teruskan saja usahamu. Orang-orang yang meremehkanmu adalah orang-orang yang tak tahu harus berbuat apa dalam hidup mereka. 

3. Fokus Pada Tujuan

"Salah satu alasan begitu sedikit orang yang meraih apa yang diinginkannya adalah karena kita tidak pernah fokus; kita tidak pernah konsentrasi pada kekuatan kita. Kebanyakan orang hanya mencoba-coba berbagai macam jalan dalam hidup mereka. Mereka tidak pernah memutuskan untuk menguasai suatu bidang khusus" -  Tony Robbins

Hai, Sahabat,

Masih ingatkah Anda percobaan membakar sebuah kertas dengan kaca pembesar ketika masih sekolah dulu? Kertas itu terbakar setelah kaca pembesar berhasil memfokuskan sinar matahari pada satu titik.

Kita pun demikian!

Manusia sebenarnya diciptakan Tuhan dengan potensi yang tidak terbatas. Tapi kenyataannya, sedikit saja orang yang berusaha mencapainya. Kita memang dapat melakukan apa saja, tetapi kita tidak selalu dapat mengerjakan semua.

Membiarkan orang lain memutuskan agenda Anda dalam hidup ini, membuat Anda tidak  fokus pada tujuan hidup. Anda mungkin bisa menjadi orang yang mengerjakan banyak hal, tetapi tidak dapat menguasai sepenuhnya.

Sebaiknya hindari menjadi orang yang mampu mengerjakan beberapa pekerjaan,tetapi fokuslah pada satu keahlian.

Sahabat, bertumbuhlah untuk mencapai potensi maksimal dengan cara:

  1. Fokus pada satu sasaran utama
  2. Fokus pada peningkatan yang berkesinambungan
  3. Fokus pada masa depan, bukan masa lalu
  4. Fokus pada kekuatanmu dan kembangkan kekuatan itu. 

Di sanalah Anda harus mencurahkan waktu, energi dan sumber daya Anda. Teruslah bertumbuh dan tingkatkan diri. Dalam kepemimpinan, jika Anda berhenti bertumbuh, habislah Anda.

4. Sabar Untuk Sukses

"Seseorang yang ahli dalam kesabaran adalah ahli dalam segala hal" - George Savile

Hai Sahabat yang sabar,

Sebuah pepatah mengatakan Roma tidak dibangun dalam sehari. Demikian juga kesuksesan tidak dibangun secara instan.  Apalagi jika itu adalah sebuah kesuksesan jangka panjang.

Untuk mencapai sebuah tujuan diperlukan kesabaran. Jika Anda ingin sampai ke kantor atau rumah dengan selamat, tentu Anda harus sabar menghadapi kemacetan dan pengemudi lain yang ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas. 

Demikian juga untuk menggapai kesuksesan. Kesabaran adalah kunci dan fondasi untuk membangun
kesuksesan. Jika Anda dicemoohkan orang, mendapatkan penolakan, menghadapi banyak rintangan atau belum memperoleh hasil signifikan dari kerja keras Anda selama ini, bersabarlah.

Sebelum menjadi orang terkaya didunia versi majalah Forbes, Bill Gates selama bertahun-tahun menerima pendapatan dari software ciptaannya hanya $2 per hari. Nilai yang lebih rendah dari gaji seorang pegawai rendahan sekalipun di Amerika. Tapi Bill Gates tetap sabar dan yakin dalam menjalankan bisnisnya.

Demikian juga J.K Rowling, penulis laris buku Harry Potter yang sangat mendunia. Sebelum sebuah penerbit kecil di Inggris, Bloomsbury menerbitkan novel Harry Potter, J.K Rowling  menghadapi 12 kali penolakan terhadap manuskripnya. Seandainya J.K Rowling menyerah dan tidak sabar dalam menghadapi 12 penolakan tersebut, kita tidak pernah membaca hasil karyanya menakjubkan itu dan ia pun tidak sesukses seperti sekarang ini.   

Sahabat, jika Anda merasa sudah cukup bersabar. Tambahkan lagi dosis sabar Anda. Perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan adalah pada kesabaran dan ketekunan. 

***
Demikianlah beberapa pesan inspiratif dari Anne Ahira yang telah mengispirasi saya untuk terus belajar dan berkarya sebaik mungkin. Maka, Anda juga bisa mendapatkan pesan-pesan inspiratif ini dengan berlangganan langsung di www.anneahira.com.

***
Tulisan ini dibuat tanpa ada permintaan promosi dari pihak manapun. Hanya sekedar berbagi inspirasi. Semoga bermanfaat :)