Thursday, January 7, 2016

Pentingnya Rencana Pembelajaran

Mufa Media - Alhamdulillah kali ini bisa menulis posting lagi. Semoga para pembaca setia Mufa Media senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT.  Khususnya teman-teman Guru dimanapun berada. Semoga dapat terus membimbing dan mendidik putra-putri bangsa dengan penuh keikhlasan dan kasih sayang.
Pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Pentingnya Perencanaan Pembelajaran (RPP)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menjadi hal yang penting adanya. Penting untuk dimiliki Guru. Ibaratnya ini adalah perencanaan strategi pembelajaran yang akan diterapkan guru dalam aktifitas pembelajaran. Diharapkan dengan adanya rencana ini para guru lebih siap dalam menerapkan strategi-strategi yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan.




Untuk lebih jelasnya dapat dikemukakan disini alasan tentang pentingnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi seorang Guru.

1. RPP sebagai bukti adanya rencana kegiatan yang dilaksanakan dikelas

Dengan adanya RPP maka dapat diketahui dengan jelas langkah-langkah yang akan dilaksanakan Guru selama pembelajaran dikelas. Ini menegaskan bahwa rencana pembelajaran yang sudah ada difikiran perlu kiranya untuk dituangkan secara tertulis didalam RPP. Kenapa? Karena dengan menuliskan rencana yang sudah difikirkan akan lebih mematangkan langkah-langkah yang akan dilakukan dikelas nantinya. Sehingga ketika saatnya pelaksanaan proses pembelajaran dikelas,guru akan lebih siap. Karena sudah memilki sistematika rencana sebelumnya.

2. RPP sebagai rambu-rambu dan pedoman dalam melaksanakan proses pembelajaran dikelas

Seringkali para guru dihadapkan pada kondisi yang berbeda disetiap kelasnya. Disinilah tantangan bagi para guru untuk tetap konsisten dengan usaha pencapaian tujuan pembelajaran. Nah, terkadang untuk mencapai tujuan inilah yang membutuhkan fokus tersendiri. Terutama ketika mengkondisikan kelas dengan karakteristik berbeda-beda. Maka dibutuhkan semacam panduan atau pedoman serta rambu-rambu pelaksanaan pembelajaran supaya tidak melenceng dari tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Paling tidak dapat meminimalisir hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan pencapaian tujuan pembelajaran. 

3. RPP sebagai langkah efektif dalam usaha pencapaian kompetensi siswa

Dengan adanya RPP guru dapat secara efektif memikirkan bagaimana agar kompetensi siswa yang dituju dapat berhasil. Hal ini dikarenakan guru telah lebih dahulu memikirkan upaya-upaya terbaik dan paling efektif yang akan digunakan untuk mengantarkan para siswa dalam mencapai kompetensi yang diharapkan.

Dari ketiga alasan diatas, maka dapat dikatakan bahwa seorang guru yang baik sudah seharusnya memiliki rencana pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian daripada itu seorang guru haruslah faham bagaimana menerapkannya dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Maka dengan demikian tujuan pembelajaran akan dapat dengan mudah tercapai. Juga tentunya lebih efektif.

Demikian artikel ini. Semoga bermanfaat :)