Foto

MM

Recharge Spirit dengan BIMTEK K-13

Mufa MediaKantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bojonegoro terus menggalakkan sosialisasi penerapan kurikulum 2013 di Madrasah. Termasuk bagian dari program sosialisasi tersebut adalah undangan kepada Guru PAI MTs/MA yang berada dalam ruang lingkup Kemenag Kab. Bojonegoro untuk mengikuti Program Bimbingan Teknis (Bimtek) Kurikulum 2013. 

Laporan Hasil Kegiatan Bimtek K-13 Guru PAI MTs/MA di Wisma Toyo Aji Desa Wedi, Kapas, Bojonegoro

K-13 Sebagai Kurikulum Madrasah
Gb. 1 Kurikulum 2013 sebagai Kurikulum Madrasah
Sumber Gambar: www.kurikulumnasional.net




Program Bimtek yang diprakarsai oleh Seksi Pendidikan Madrasah (Pendma) Kemenag Kab. Bojonegoro ini dilaksanakan secara bertahap dalam beberapa bergelombang, menyesuaikan dengan jenjang pendidikan. Sebagai pesertanya adalah para Guru PAI MI/MTs/MA yang berada dilingkungan Kemenag Kab. Bojonegoro. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di Wisma Toyo Aji yang terletak ditengah-tengah kawasan sentra buah salak khas Bojonegoro. Tepatnya di Desa Wedi, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Bojonegoro II Padangan merupakan salah satu lembaga Madrasah yang mendapat undangan untuk mengikuti kegiatan ini. Adapun tajuk dari kegiatan ini adalah “Bimtek K-13 Guru PAI MTs/MA se-Kabupaten Bojonegoro”.
MTs Negeri Bojonegoro II Padangan
Gb. 2 MTs Negeri Bojonegoro II Padangan
Madrasah yang lebih akrab dengan sebutan MTsN Padangan tersebut mengirimkan 2 wakilnya untuk mengikuti Bimtek tersebut. Kedua perwakilan dari Madrasah yang terletak diwilayah barat Bojonegoro itu adalah Ibu Sri Yuliati, S.Ag yang merupakan Guru Mata Pelajaran Fikih dan Bapak Muchammad Fahrudin, S.Pd.I yang merupakan Guru Mata Pelajaran SKI.

Setelah menerima surat tugas yang ditandatangani oleh Kepala Madrasah, Bpk. Drs. Sutar, M.M, keduanya segera bergegas mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk mengikuti Bimtek K-13. Berbagai perbekalan semisal alat tulis, laptop, flashdisk, hardisk eksternal dan lain-lain disiapkan oleh keduanya untuk dibawa dengan harapan agar nantinya dapat menyerap sebanyak-banyaknya informasi dan spirit yang terkandung dalam kegiatan Bimtek ini.




Alhasil, dampak positif dari persiapan ini dapat dirasakan pada saat berlangsungnya Bimtek. Dalam kegiatan ini, para peserta dari MTsN Padangan mendapat banyak sekali tambahan informasi terkait Kurikulum 2013 yang meliputi; beberapa perubahan dan penyempurnaan Konsep Kurikulum 2013 yang tertuang dalam Permendiknas, petunjuk teknis Penyusunan RPP sesuai Permendiknas terbaru, langkah-langkah dan strategi penilaian dalam Kurikulum 2013 serta petunjuk teknis pengisian Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 yang didesain oleh Tim Balai Diklat Keagamaan Surabaya yang telah disahkan penggunaannya.

Bimtek ini dibuka langsung oleh Kabid Penma, Bpk. Yasmani, M.Pd.I dan dalam pelaksanaannya dibimbing langsung oleh Bpk. Miftahussirojuddin, M.Ag, Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Dalam pelaksanaannya juga banyak disampaikan motivasi-motivasi dan strategi dalam penerapan Kurikulum 2013 yang tak lain juga merupakan amanah yang harus diemban Guru PAI selaku pendidik dilingkungan Madrasah.
Tutor Bimtek K-13 Bpk. Miftahussirojuddin
Gb. 3 Penulis (kanan) berpose bersama Tutor, Bpk. Miftahussirojuddin, M.Ag.
Dalam Bimtek kali ini para peserta nampak kelihatan puas karena cara penyampaian materi yang pas dari tutor. Kemasan materi yang menarik dan menghibur menjadikan para peserta yang ikut dalam Bimtek ini merasa enjoy. Selain itu, ditambah dengan gaya humor tutor yang senantiasa menjadikan suasana jadi asyik. Waktu tiga hari serasa terlalu singkat, bahkan dirasa kurang. Itulah kesan yang dapat ditangkap dari pelaksanaan Bimtek K-13 yang berlangsung tiga hari berturut-turut ini (mulai tanggal 26 s.d. 28 Nopember 2015). Secara umum, Bimtek K-13 kali ini memuaskan dan manfaatnya sangat terasa. Spirit dalam berjuang dan beribadah melalui Madrasah dapat dibangkitkan lagi. Spirit itu seakan di-charge penuh lagi. Alhamdulillah. :)
 
Catatan: 
Untuk File Laporan secara Lengkap bisa didownload DISINI.
Update Terbaru
Bagi yang ingin mendownload file Materi Bimtek K-13 bisa download DISINI.
Semoga bermanfaat. : ) 












Post a Comment

1 Comments

Kisah sukses said…
KISAH CERITA SUKSES SAYA AWAL
JADI PNS

Sumpah demi allah ini betul betul kisah cerita Nyata dari saya.
Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru PNS di SD NEGERI 07 WARU kabupaten sidoarjo jawa timur, saya ingin mempublikasikan awal KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, Sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No tlp beliau 0853-2174-0123 beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat siapa tau beliau masih bisa membantu anda teman teman. Amin